Kamis, 18 Oktober 2012

Honda Icon = Matic Murah, Non Radiator


Di thailand baru-baru ini melaunching andalan baru dikelas matiknya, yang diberi nama Honda Icon. Desain Honda Icon ini cukup manis dengan dimensi yang lebih kecil dari Honda Vario(Click).

Pertama melihat…saya memperhatikan spatbor depannya, spatbornya menempel dishockbreaker depan(tidak menempel diatas) dan bentuknya koq malah mirip spatbornya MX. Secara keseluruhan modelnya simpel tidak banyak sambungan pada bodynya seperti Vario, termsuk lampu depannya. Foot-step belakang model one-piece menggabung dengan dek depan, membuatnya semakin terlihat simpel dan tentunya memangkas biaya produksi.



Desain body yang berbeda dari Vario, dikarenakan chasis Honda Icon ini merupakan desain baru. Selain itu yang paling berbeda ialah dicopotnya teknologi liquid cooled(radiator) dari Vario dan menurut saya memang seharusnya air cooled saja sudah cukup koq. Lagian motor harian ini tidak motor sport yang bertenaga gede dan memerlukan pendinginan ekstra. Dengan absennya fitur radiator pada motor ini maka kompresinya dipatok hanya 9,5:1 saja, meskipun diameter dan langah pistonnya sama dengan Vario.



Jangan salah dengan Honda Icon ini meski non radiator dan non CW, tetapi fitur keamanan dan keselamatan layaknya Honda Click tetap dipasang. Sebut saja combi-brake, parking brake, side stand switch dan key shutter. Ini berbeda dengan langkah AHM dengan menanggalkan fitur combi-brake pada Vario-nya.

Meskipun tidak ada pilihan pelek racing tetapi pilihan strippingnya cukup bervariasi. Tersedia 3 macam stripping yang masing-masing diberi nama Icon cute, sport dan cyber. Honda Icon cute lebih diperuntukan ke cewek, Icon sport berstripping dinamis dan Icon cyber bercorak techno.



Saya prediksi inilah…senjata Honda bukan Airblade, karena dengan harga yang lebih murah dari Vario, motor ini bakalan lebih bisa menguasai pasar matik tanah air.

inspirasi : bebek sableng return!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar